Selasa, 12 Februari 2013


PENDETEKSI KETINGGIAN AIR
OLEH
KELOMPOK 1







MEMBERS :1.     ABDULLAH NH             (01)
2.    ADIYASA BUYUNG    (03)
3.   ANISA RS                     (06)
4.    ELISA NSM                  (12)
5.    INTAN PD                     (16)
6.    ZULFA MH                    (29)


Latar Belakang

Di era globalisasi ini perkembangan teknologi berkembang begitu pesat. Keinginan untuk selalu membuat suatu hasil karya mengalami perubahan secara bertahap agar dapat membuat kemudahan bagi kita yang di dukung dengan alat - alat canggih. hal tersebut membuat kita mempunyai keinginan untuk menciptakan suatu alat yang efisien dengan hasil yang baik . Hal itu tidak akan tercapai apabila masih menggunakan sistem tradisional yangmenggunakan jasa tenaga kerja manusia. Dalam kehidupan sehari – hari, kita sering melakukan pengukuran terhadap ketinggian air. Misalnya dalam suatu pabrik yang memiliki tangki – tangki penyimpanan air yang harus selalu terpantau volumenya atau ketinggian permukannya. Contoh lainnya pada SPBU yaitu untuk mengetahui seberapa banyak BBM yang masih tersisa di dalam tangki. Dalam rumah tangga terkadang juga membutuhkan dalam pengukuran ketinggian air misalkan untuk mengetahui isi penampungan air yang dimiliki. Untuk memantau ketinggian air ini ada beberapa cara, dari cara tradisional dan cara modern. Sebelum ditemukannya suatu cara modern, manusia menggunakan semacam tongkat panjang atau galah untuk mendeteksi nilai ketinggian air. Cara tradisional ini memiliki kelemahan yaitu untuk mengukur tangki yang memiliki kedalaman zyang cukup dalam akan mengalami kesulitan dan pengukuran dengan cara ini tidak dapat dilakukan secara terus menerus karena dapat merugikan manusia. Dengan alat modern yang memanfaaatkan teknologi ada beberapa cara untuk mengukur ketinggian air tersebut salah satunya yaitu dengan menanamkan sensor ketinggian pada dinding tangki dengan jarak tertentu. Saat air menyentuh sensor tersebut maka akan terdeteksi .





Tujuan
Tujuan dari pembuatan alat ini adalah :
1. Merancang suatu sistem untuk mendeteksi ketinggian  air dalam tangki dan mengontrol ketinggiannya dengan sensor .
2. Membuat suatu cara untuk memberikan informasi atau peringatan apabila air pada bak penampungan sudah mulai penuh.3. Penghematan air
Permasalahan

Alat yang dibuat dapat digunakan untuk berbagai ketinggian air sehingga lebih mudah diaplikasikan pada kehidupan sehari - hari. Beberapa contoh permasalahan dalam kehidupan sehari hari :
1.      Alat tradisional yang tidak berfungsi secara maximal
2.      Pembuangan waktu secara sia sia karena menunggu terlalu lama
3.      Air yang terbuang sia sia karena tidak terdeteksinya air yang telah melampaui batas






PGBU
Kami merancang suatu sistem ini untuk mendeteksi ketinggian air dalam bak dan mengontrol ketinggianya dengan sensor. Prinsip yang kami gunakan adalah prinsip kerja elektronik dengan beberapa alat seperti , solder , solasi , cutter , penggaris , dan yang lain . Beberapa macam kesulitan yang kami alami dalam pembuatannya alat ini yaitu proses kerja yang membutuhkan waktu yang lama dan pembuatan yang rumit. Biaya yang kami butuhkan dalam pembuatan alat ini sebesar Rp 30.000Alat yang kami gunakan dalam menggambar adalah spidol . Dengan teknik menggambar pada PCB.
Cukup mudah , air yang terisi pada bak akan terlihat ketinggiannya dengan alat ini . Penempatan alat  tersebut diletakkan disebelah bak yang akan diisi oleh air . Urutan pekerjaan yang kami terapkan , peratama menggambar rangkaian pada PCB , memasang komponen pada PCB , meletakkan kabel pada bak & memasang rangkaian pada bak. Proses akhir dari pembuatan ini adalah mencoba peralatan yang telah dibuat apakah alat tersebut dapat digunakan atau tidak.                                                     Alat yang kami gunakan tidak mengeluarkan suara yang bervariasi, dan juga tidak mudah ditiup . Kami mengguanakan bahan yang terbuat dari tembaga dan beberapa komponen lainnya. Alat ini tidak terlalu kuat dan tidak juga mudah patah . Bila dibawa tidak terlalu mudah . Kami membuat alat komunikasi tersebut dengan alat yang tidak terlalu sederhana.




Alat & BahanAlat :
1.     Solder
2.    Cutter
3.    Penggaris
4.    Spidol
5.    Solasi


Bahan :


1.       Kabel               

2.      Resistor


      3.      Lampu Led

      4.      PCB

      5.    speaker

      6.       transistor

      7.     timah

      8.     baterai 9 volt

      9. toples
      10.kardus






















































       





















Rencana Biaya :
Resistor 10              :  Rp    500,00
Lampu LED 5           :  Rp  1.000,00
Baterai 9v 2            :  Rp 15.000,00
Kebel                       :  Rp   2.000,00
Transistor 5            : Rp  2.000,00
Timah                      :  Rp   1.000,00
Speaker                  :  Rp   5.000,00
PCB                          : Rp  2.500,00
Saklar                     : Rp.  1.000,00                                          Rp 30.000,00









Hasil & Pembahasan
Kelebihan alat pendeteksi ketinggian air :
1.  Informasi tentang ketinggian air mudah terdeteksi
2.  Mempermudah manusia agar tidak memerlukan waktu yang  lama untuk mengetahui ketinggian air
3.  Menggunakan system modern hingga mudah dipakai


Kelemahan alat pendeteksi ketinggian air :
1.  Jika salah satu komponen rusak,maka keseluruhannya tidak dapat dipakai lagi
2.  Gampangg terjadi kekonsletan pada daerah kabel





Penutup
Dengan hasil kerja ini kami mengharapkan semoga dapat bermanfaat bagi semuanya sesuai dengan tujuan awal pembuatan alat ini. Sekian dari kelompok kami,kami mohon maaf apabila terjadi kesalahan yang disengaja maupun tidak pada saat pembuatan,presentasi,maupun praktek yang telah kami lakukan.
Kata kata mutiara
Suatu kekompakan dihasilkan oleh sebuah kebersamaan,dan kebersamaan memberikan kemudahan untuk mencapai tujuan yang kita inginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar